-->

Atasi Penyakit Jantung Dengan 8 jenis Makanan Ini

Penyakit jantung adalah salah satu dari beberapa penyakit paling berbahaya di dunia selain kanker dan HIV AIDS. Jantung terletak di sebelah kiri dada dan diselubungi oleh paru–paru yang menempel pada diafragma. Beratnya kira–kira sekitar 300 gr. Memiliki penyakit atau kelainan jantung berisiko kematian. Seperti yang kita tahu, jantung adalah bagian terpenting dari kehidupan manusia.

Tanpa jantung, kita tidak akan bisa hidup, karena jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung kita tidak akan mampu bekerja secara normal jika mengalami gangguan atau penyakit. Jantung yang lemah akan membuat seseorang mudah pingsan dan merasakan sakit di bagian dada dan juga berakibat tekanan darah naik, stress, kadar gula darah tinggi yang natinya akan memicu terjadinya serangan jantung.

Jenis makanan untuk kesehatan jantung

Pola hidup yang tidak sehat misalnya mengomsumsi narkoba dan alcohol,  kecanduan rokok yang membuat jantung jadi bekerja dua kali lebih cepat, serangan jantung akibat terlalu sering mengomsumsi makanan cepat saji yang juga memicu kenaikan kolesterol dan kerja jantung yang melebihi ambang batas akibat terlalu memaksakan diri beraktifitas.

Ciri–ciri penyakit jantung adalah seringnya merasakan sakit pada bagian jantung, gampang kaget atau terkejut (biasanya diikuti oleh phobia terhadap hal–hal tertentu, seperti phobia pada hewan atau ketinggian), mudah pusing dan sakit kepala, jantung berdebar–debar, jika jantung terasa sakit biasanya juga akan menimbulkan sesak nafas.
Penyakit jantung bisa menyerang kapan saja dan siapa saja.
Tidak peduli umur atau jenis kelamin. Saking berbahayanya , penyakit ini menduduki posisi pertama sebagai penyakit paling mematikan di dunia.

Untuk itu, kita harus menjaga diri sebaik mungkin dan mewaspadai gejala–gejala yang timbul. Jika mulai merasakan kelainan atau keanehan pada jantung, sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter

Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting, karena jantung merupakan salah satu organ paling vital pada tubuh. Agar jantung terhindar dari penyakit dan gangguan yang berbahaya, sebaiknya anda mengonsumsi 8 Jenis makanan seperti yang tercantum di bawah ini:

Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung


1.  Buah tomat
Karena mengandung anti oksidan serta vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, buah tomat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Buah tomat juga dipercaya mampu mengatasi jerawat. Usahakan untuk sering mengonsumsi tomat yang matang agar resiko terkena penyakit jantung bisa sedini mungkin untuk dihindari

2.  Kacang hijau
Kacang hijau kaya akan nutrisi dan serat yang berfungsi melindungi jantung dan menurunkan kolesterol. Dengan rajin emengonsumsi kacang hijau, maka risiko penyakit jantung akan sedikit berkurang.

3. Yoghurt
Yoghurt adalah sumber signifikan dari kalium, fosfor, riboflavin, yodium, seng, dan vitamin B5 (asam pantotenat). Yoghurt juga mengandung B12, untuk mempertahankan sel-sel darah merah dan membantu menjaga sistem saraf berfungsi dengan baik. Youghurt juga memliki begitu banyak khasiat dan manfaat yang baik untuk tubuh“Vitamin B12 kebanyakan ditemukan dalam produk hewani, seperti daging ayam dan ikan, sehingga seorang vegetarian mungkin sulit untuk mendapatkannya,” kata Jackie Newgent, RD, seorang anggota dewan penasihat fitness dan penulis Big Green Cookbook
Makanan ini berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit jantung koroner

4.  Buah apel
Buah apel biasanya berwarna merah kulitnya jika sudah matang dan (siap dimakan), namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras. Buah ini memiliki beberapa biji di dalamnya. Apel mengandung epikatekin dan kuersetin yang sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung kardiovaskular, jantung koroner, kolesterol dan stroke
Apel Juga banyak mengandung polifenol yang terdapat pada bagian kulitnya. Itulah sebabnya, sebaiknya Anda mengonsumsi apel tanpa harus mengupas bagian kulitnya. Polifenol berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, apel juga mengandung pektin yang sangat mampu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Berdasarkan sebuah penelitian, mengonsumsi apel setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahta (LDL) sebanyak 40%.

5.  Ikan salmon
Karena mengandung omega 3, ikan salmon terbukti dapat mengatur irama jantung agar tetap teratur dan juga dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, ikan salmon ternyata kaya akan selenium yang sudah teruji dapat meningkatkan perlindungan pada sistem kardiovaskular. Jadi, konsumsilah makanan sehat untuk jantung Anda ini minimal dua atau tiga kali dalam seminggu.

6.  Buah pisang
Buah ini diyakini dapat menjaga dan membantu fungsi jantung karena mengandung kalium yang cukup tinggi. Dengan sering mengonsumsi buah ini, maka risiko penyakit jantung semakin berkurang. Karena mengandung anti oksidan, vitamin c, serta kalium yang berfungsi sebagai penangkal. Juga sangat baik untuk mencegah dan mengatasinya jika dimakan setiap hari. Jadi, jika ingin jantung Anda sehat, makanlah buah pisang setiap hari, namun tentu saja dibarengi dengan pola makan teratur, olahraga dan.

Untuk selengkapnya silahkan baca : 10 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

7.  Coklat
Coklat dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, sehingga darah yang dipompa oleh jantung tidak akan mengalami penyumbatan saat dialirkan keseluruh tubuh

8.  Biji–bijian
Mengandung fitoestrogen dan anti oksidan serta serat yang cukup tinggi, biji–bijian mampu mencegah dan menurunkan risiko penyakit jantung koroner, jadi sangat dianjurkan untuk anda yang menderita penyakit ini untuk mengomsumsi biji-bijian

Ke delapan jenis makanan tersebut sebaiknya dikonsumsi sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Jika Anda termasuk penderita asam urat yang tinggi, sebaiknya hindari mengonsumsi jenis kacang-kacangan dan biji-bijian.

Demikianlah Artikel kali ini tentang 8 jenis makanan yang baik untuk penderita penyakit jantung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel