-->

5 Cara Cepat Mengatasi Ketombe Secara Alami

Ketombe atau kelelumur atau sindap yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dendruff yang membandel memang membuat kita menjadi sangat jengkel dan juga kurang percaya diri dan ini adalah masalah yang terjadi di kulit kepala (pengelupasan kulit mati secara berlebihan).

Dendruff memiliki nama ilmiah pityiriasis capitis. Jika pengelupasan di  kulit kepala hanya sedikit itu tandanya normal, namun jika pengelupasan terjadi secara berlebihan, maka akan menyebabkan luka dan iritasi di kulit kepala. makanya sangat penting untuk mengatasi ketombe membandel agar tidak mengganggu aktifitas Anda.

mengatasi ketombe secara cepat

MEMAHAMI PENYEBAB KETOMBE


Ketombe adalah masalah umum kulit kepala yang dijumpai pada lebih dari 50% populasi penduduk di dunia. Ketombe berbentuk butiran atau serpihan putih halus di rambut. Banyak mitos yang menyebutkan ketombe muncul karena tidak menjaga kebersihan diri atau jarang keramas. Padahal ketombe bisa menimpa siapa saja, meskipun kamu yang rajin keramas setiap hari.

Ketombe disebabkan oleh Malassezia globosa, sejenis mikroba alami yang terdapat di kulit kepala setiap orang. Ketombe terjadi melalui proses berikut

Ketika Malassezia globosa menguraikan minyak (sebum) kulit kepala, kulit kepala akan menghasilkan asam oleat.

1 dari 2 orang memiliki kulit kepala yang sensitif terhadap asam oleat yang bereaksi menjadi iritasi sehingga kulit kepala terasa kering, gatal dan kemerahan
Badan kita kemudian memberikan signal kepada otak untuk mempercepat pergantian sel kulit untuk menghilangkan iritasi
Kulit kepala yang telah beregenerasi kemudian lepas menjadi serpihan-serpihan putih transparan yang terlihat di kulit kepala yang disebut ketombe
Selain itu, ada juga faktor-faktor eksternal lain yang dapat memperburuk permasalahan ketombe antara lain

  • Panas
  • Keringat
  • Polusi

Faktor-faktor ini tidak secara langsung mengakibatkan ketombe tetapi cukup berperan mengakibatkan ketombe semakin parah. Musim yang berganti, polusi atau terlalu sering mengekspos kulit kepala dengan alat yang menggunakan suhu panas seperti alat pengering rambut juga dapat memperburuk masalah ketombe.

Secara details, penyebab ketombe sebagai berikut :

  1. Malassezia globosa mengonsumsi minyak kulit kepala alami yang dinamakan sebum – minyak inilah yang membuat rambut dan kulit kepala Anda tetap lembab
  2. Setelah sebum diurai, maka dihasilkan produk samping yang dinamakan asam oleat
  3. 1 dari 2 orang sensitif terhadap asam oleat dan kulit kepala merespons dengan menjadi teriritasi
  4. Sebagai respons terhadap iritasi, kulit kepala mulai menjadi meradang, berwarna merah, dan gatal
  5. Tubuh memberi sinyal kepada otak untuk meluruhkan sel-sel kulit dengan lebih cepat daripada yang biasa – pada hakikatnya, berusaha untuk meluruhkan iritan.Peluruhan kulit ini adalah penyebab ketombe terlihat muncul di kulit kepala, kerap rontok ke bahu Anda


Sel kulit mati yang mengelupas itu kemudian berubah menjadi serpihan–serpihan kecil berwarna putih. kelelumur juga dapat menyebabkan adanya jamur dan munculnya kutu di kepala. jika pada kondisi parah atau cukup banyak, ini bisa menyebabkan kulit kepala terasa gatal sehingga membuat kita tidak tahan untuk menggaruknya.

Hal ini tentu saja berisiko, apalagi bagi mereka yang berkuku panjang. Kuku yang panjang dan tajam bisa membuat kulit kepala menjadi luka dan  berdarah.

Agar seseorang terhindar dari problem ini atau ingin menghilangkannya, ia akan rajin keramas setiap hari dengan menggunakan shampoo khusus anti kelelumur ini yang banyak dijual dipasaran.

Namun anda harus jeli dalam memilih shampo tertentu, jangan sampai masalah kulit kepala Anda tidak hilang dan justru bertambah banyak akibat pemilihan shampo yang salah.

Selain menggunakan shampoo, ada juga beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk membasmi atau menghilangkan ketombe secara tuntas. Khususnya bagi anda yang memiliki masalah ini dengan tingkat keparahan yang cukup tinggi atau sudah sangat membandel dan terbilang cukup parah. Berikut ini adalah cara penanganannya :

Kapan ketombe mulai muncul?

Ketombe kerap dimulai dari pubertas ketika hormon Anda mulai berubah, yang menyebabkan Anda memproduksi lebih banyak minyak kulit kepala sehinggamikroba penyebab ketombe Malassezia globosa berkembang.Tetapi juga dapat terlihat pada waktu-waktu yang lain ketika hormon Anda berubah seperti pada usia tua atau saat sedang stres.Keterangan selengkapnya kapan Anda dapat berketombeGejala ketombeCara termudah untuk mengenali ketombe adalah serpihan ketombe yang terlihat di bahu Anda, tetapi ada juga tanda-tanda lainnya termasuk:
  • Gatal kulit
  • Merah
  • Kulit kepala kering

Semua ini dapat muncul akibat iritasi karena kulit kepala sensitif bereaksi terhadap mikroba penyebab ketombe.

Cara Cepat Menghilangkan Ketombe Membandel

1. Menggunakan Belimbing Wuluh
Selain digunakan untuk tambahan bahan makanan, belimbing wuluh juga dipercaya ampuh untuk menghilangkan gatal di kulit kepala.
Caranya adalah :
  • Ambil 5 buah belimbing wuluh yang sudah tua dan garam secukupny.
  • Campurkan keduanya sambil di remas-remas dan tambahkan air sedikit demi-sedikit. 
  • Setelah itu saringlah dan siram kulit kepala dengan air perasan belimbing wuluh secara merata.
  • Lakukan selama 1 minggu berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang maksimal

2. Menggunakan Jeruk Nipis
Salah satu bahan tambahan makanan yang banyak manfaatnya adalah jeruk nipis.
Untuk menghilangkan masalah ini, Gunakan Jeruk nipis dengan cara :
  • Ambillah daging buah jeruk nipis yang setengah matang. 
  • Lalu gosokkan ke kulit kepala secara merata.
  • Anda bisa menggunakannya setiap pagi sebelum mandi
Cara ini memang akan membuat kulit kepala sedikit terasa perih, namun patut untuk dicoba karena telah terbukti berhasil digunakan. Cara ini sudah sering dilakukan pada masa lampau

3. Menggunakan Lidah Buaya
Selain untuk menyuburkan rambut, tanaman lidah buaya atau aloe vera juga dipercaya ampuh untuk menghilangkan kelelumur.
Cara menggunakan daging lidah buaya untuk mengobati dendruff adalah :
  • Tumbuklah daging lidah buaya tersebut hingga halus, 
  • Oleskan ke kulit kepala secara merata. 
  • Diamkan selama 10–15 menit.
  • Kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan 3 kali seminggu

4. Menggunakan Daun Pandan
Daun pandan juga dipercaya mampu mengontrol ketombe parah. Bahan alami ini sudah sering digunakan pada zaman dahulu. Selain memberikan efek wangi pada rambut, daun pandan juga sangat berkhasiat untuk membasminya. Untuk penerapannya adalah :
  • Ambillah 3 atau lima lembar daun pandan muda.
  • Cuci dengan bersih kemudian tumbuk hingga halus.
  • Setelah dihaluskan, peraslah daun pandan tersebut dan ambil airnya  
  • Lalu usapkan ke kulit kepala anda. 
  • Anda bisa menggunakannya 2 kali dalam seminggu.


Bahan lain Untuk Menghilangkan Ketombe


5. Menggunakan Cuka
Tidak hanya digunakan sebagai penambah rasa masakan, cuka juga bisa digunakan untuk menghilangkan dan mengeliminasi sindap pengganggu dikulit kepala Anda. Cuka memiliki kandungan zync yang tinggi yang biasa banyak terkandung pada shampo anti dendruff yang mungkin sering Anda gunakan Dirumah. Untuk cara pengaplikasiannya adalah sebagai berikut :
  • Ambillah cuka dan air bersih, masing–masing sebanyak 20 ml.
  • Campurkan keduanya ke kulit kepala anda 
  • Biarkan selama 15 menit hingga menyerap dengan sempurna. 
  • Cara ini bisa digunakan setiap hari.

Catatan Penting Untuk Anda Yang Memiliki Masalah ketombe

  • Rutin keramas setiap hari dan gunakan sampo antiketombe setidaknya 3 kali dalam seminggu.
  • Batasi konsumsi makanan tinggi gula, pedas, atau mengandung banyak garam.
  • Batasi penggunaan produk perawatan rambut, seperti gel dan hairspray.
  • Kelola stres dengan baik.
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B, seperti telur, keju, dan ikan.
  • Pada bayi, ketombe diistilahkan dengan nama cradle cap, yang membuat kulit kepala bayi menjadi bersisik. Keadaan ini dapat dialami oleh bayi yang baru lahir dan dapat menghilang dengan sendirinya ketika bayi mulai memasuki usia 1 tahun. Oleh karena itu, cradle cap tidak membutuhkan penanganan khusus.


Sindap atau dendruff pada dasarnya tidak akan mudah untuk hilang sepenuhnya, jadi sering–seringlah untuk keramas dan praktekkan tips diatas agar sindap menjengkelkan ini tidak muncul lagi.

Itulah beberapa tips terkini tentang mengatasi ketombe yang membandel sampai tuntas. Semoga Artikel ini bermanfaat. terima kasih


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel