-->

6 Cara Alami Mengatasi Luka Bakar

Luka bakar adalah luka atau cedera pada kulit dan tubuh yang disebabkan oleh panas (paparan sinar matahari yang berlebih ), listrik (tersambar petir dan kesetrum atau kena api saat memasak), radiasi (uap panas yang keluar dari peralatan operasi ), zat kimia (terkena percikan cairan kimia berbahaya saat bekerja atau saat melakukan praktikum di laboratorium).

Pada awalnya, luka ini hanya mengenai kulit dan bagian luar, namun juga bisa menembus lapisan kulit dibawahnya, Bahkan bisa mengenai seluruh lapisan kulit hingga kedalam jaringan tulang dan otot. Kondisi seperti ini terbilang cukup parah dan bisa saja menyebabkan seseorang yang mengalaminya menjadi cacat seumur hidup.

Mengatasi Luka Bakar secara Alami

Penyebab

Kita harus mengenali beberapa sumber penyebab yang ada di sekitar kita. Berikut ini adalah 4 penyebab luka bakar:

Panas (suhu di atas 60°C), contoh: api, uap panas, benda panas
Listrik, contoh: listrik rumah tangga, petir
Kimia, contoh: soda api, air aki (zuur)
Radiasi, contoh: sinar matahari (ultraviolet), bahan radio aktif

Tiga golongan luka bakar

Berdasarkan kedalamannya, cedera ini dibagi menjadi 3 tingkat, yaitu:

1. superfisial (derajat satu)
Pada kondisi ini hanya meliputi lapisan kulit paling atas saja (lapisan epidermis). Biasanya luka ini ditandai dengan kemerahan, rasa nyeri, dan terkadang membengkak.

2. derajat dua (sedikit lebih dalam dari derajat satu)
Pada bagian ini meliputi lapisan paling luar kulit yang rusak dan mengganggu lapisan bawahnya. Di tingkat ini merupakan jenis yang paling sakit, dengan ditandai munculnya gelembung-gelembung pada kulit yang berisi cairan, bengkak, kulit berwarna kemerahan atau bisa juga menjadi putih, kulit lembap, dan rusak.

3. derajat tiga
Pada kondisi luka terbakar tingkat ini, lapisan yang terkena api tidak terbatas, bahkan bisa sampai ke tulang dan organ dalam. Hal ini merupakan tingkat yang paling berat. Biasanya ditandai dengan kulit menjadi kering, pucat atau bahkan putih, namun bisa juga gosong dan hitam. Berbeda dengan derajat satu dan dua, pada derajat tiga ini tidak menimbulkan nyeri.

Luas permukaan luka bakar

Dalam penanganan dan penentuan derajat luka, luas permukaan tubuh yang mengalami cedera panas sangatlah berperan. Pedoman untuk memperkirakan luas daerah yang terbakar dapat dilakukan dengan hukum sembilan (rule of nine), yaitu dengan membagi daerah tubuh dengan persentase sembilan per daerah tubuh.

Berikut adalah penjelasan hukum sembilan:

  • Kepala (9%): bagian depan = 4,5%; bagian belakang = 4,5%
  • Tubuh (36%): dada, perut = 18%; punggung = 18%
  • Lengan (18%): lengan atas depan-belakang (9%); lengan bawah depan-belakang (9%)
  • Kaki (36%): tungkai atas depan-belakang (18%); tungkai bawah depan-belakang (18%)
  • Alat kelamin (1%)

Cara lain untuk menghitung luas permukaan luka yang ditimbulkan adalah dengan membandingkan luka dan telapak tangan korban. Telapak tangan korban dianggap memiliki luas sebesar 1% dari luas permukaan tubuh. Perlu diingat bahwa penghitungan luas luka bakar dihitung berdasarkan masing-masing derajat cedera. Derajatnya ditentukan oleh dua faktor utama, yaitu luas permukaan tubuh yang mengalami kondisi terbakar dan lokasinya.

Luka bakar ringan


  • Derajat tiga kurang dari 2% luas, kecuali pada wajah, tangan, kaki, kemaluan, dan saluran napas
  • Derajat dua kurang dari 15% luas
  • Derajat satu kurang dari 50% luas

Luka bakar sedang


  • Derajat tiga antara 2%-10% luas, kecuali pada wajah, tangan, kaki, kemaluan, dan saluran napas
  • Derajat dua antara 15%-30% luas
  • Derajat satu lebih dari 50%

Luka bakar berat


  • Semua luka bakar yang disertai cedera pada saluran napas, cedera jaringan lunak, dan cedera tulang
  • Derajat dua atau tiga pada wajah, tangan, kaki, kemaluan, atau saluran napas
  • Derajat dua di atas 10%
  • Derajat dua lebih dari 30%
  • Luka  yang disertai cedera alat gerak
  • Cedera terbakar mengelilingi alat gerak

Bagaimana cara menangani luka bakar?


  1. Alirkan air biasa ke daerah yang luka. Bila ada bahan kimia alirkan air terus menerus selama 20 menit atau lebih.
  2. Lepaskan pakaian dan perhiasan. Jika pakaian melekat pada luka bakar, gunting pakaian di sekitarnya yang tidak menempel, dan jangan memaksa untuk melepasnya.
  3. Tutup luka, gunakan penutup luka steril, dan jangan memecahkan gelembung.
  4. Jangan menggunakan mentega, odol, kecap, kopi, air es.
  5. Segera rujuk ke fasilitas kesehatan.


(Source : https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/perawatan-luka/pertolongan-pertama-luka-bakar/)

Karena jenis luka ini berbeda–beda, maka berbeda pula penanganannya.
Tergantung seberapa parah luka  bakar yang dialami. Jika lukanya sudah berada pada level terakhir atau sangat parah, maka jalan satu–satunya adalah operasi cangkok kulit atau operasi plastik.

Apabila seseorang mengalami kondisi ini, harus segera diobati meski lukanya hanyalah luka ringan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi dan peradangan pada kulit yang dapat memperparah kondisi luka tersebut.

Menempuh jalan operasi untuk mengatasi luka, tentu saja memerlukan biaya yang tidak sedikit. Bisa mencapai puluhan juta rupiah. dalam kondisi yang parah, luka ini dapat menyebabkan kulit melepuh, hangus, mengelupas, memerah dan mungkin saja bengkak.

Cara Alami Mengobati Luka Bakar


Ketika anda mengalami luka bakar, sebaiknya segera melakukan penanganan dengan cara membersihkan luka dengan alat dan bahan yang steril, jangan mengompres atau membersihkan luka dengan air dingin (air es) karena luka tersebut justru bisa makin parah.

Selain  mengobati dan mengatasi dengan cara medis, kita juga bisa menggunakan cara tradisional sebagai langkah awal untuk penanganannya. Cara tradisional tersebut adalah :

1. Kentang
Sifat anti iritasi yang dikandung oleh sebuah kentang, dapat mencegah kulit melepuh dan mengurangi rasa sakit akibat luka bakar. Caranya :
  • Ambillah sebuah kentang segar
  • Cuci bersih lalu iris tipis
  • Gosok perlahan pada kulit yang luka terbakar atau melepuh

2. Teh
Seperti yang kita tahu, teh mengandung asam tannic yang dapat menghilangkan rasa sakit. Teh juga bisa digunakan untuk mengobati luka melepuh yang membuat kulit dan tangan merasa nyeri. Cara penerapannya adalah sebagai berikut :
  • Celupkan 1 kantung teh ke dalam segelas air hangat 
  • lalu ambil kantung teh tersebut dan celupkan lagi kedalam segelas air dingin. 
  • Ambil kantung teh tersebut dan oles pada bagian yang terluka
Rasa dingin dan manfaat teh akan terasa menyegarkan dan membuat luka bakar jadi cepat mengering. gunakan pengobatan ini setiap kali Anda mengalaminya, karena pengobatan ini terbukti sangat manjur dan ampuh.

3. Lidah buaya
Lidah buaya adalah salah satu jenis tanaman yang unik dan memilik banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu manfaat yang paling sering digunakan untuk lidah buaya adalah untuk kesehatan rambut. Namun tahukah Anda bahwa tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengobati luka bakar.

Caranya pengaplikasinnya pun sangat mudah. Ambil daun lidah buaya segar, Lalu usapkan  pada daerah yang cedera atau luka karena panas di tubuh Anda. Sensasi dingin menyegarkan dari lidah buaya akan membuat area sekitar luka anda menjadi segar dan rasa sakitnya menjadi berkurang dengan sendirinya
z35W7z4v9z8w
4. Madu
Dalam pengobatan tradisional, madu sudah sangat sering digunakan karena mengandung antibiotik alami yang dapat menyembuhkan luka dan mencegahnya dari infeksi yang mungkin terjadi.

Saat anda mengalami cedera, anda juga bisa menggunakan madu untuk mensterilkan luka dan mencegahnya dikulit agar tidak melepuh.

Cara penerapan pengobatan luka bakar dengan madu sangatlah mudah. hanya dengan mengoleskan madu pada bagian kulit yang terluka. Obat alternatif ini sudah ada sejak dahulu kala. Jadi jangan pernah meragukan kedahsayatan manfaat madu.


Cara Mengobati Luka Bakar Secara Cepat

Selain cara diatas, ada juga cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan Cedera akibat panas ini. Diantaranya :

#Menggunakan Pasta gigi
Pasta gigi dipercaya dan terbukti secara ilmiah sebagai pembersih gigi dan mulut. Namun tahukah Anda bahwa telah ada penemuan tentang pemanfaatan pasta gigi sebagai obat luka bakar. Caranya cukup mudah. Hanya mengoleskan pasta gigi di area yang luka dan biarkan hingga pasta gigi mengering. Jika mulai mengering, bersihkan kemudian ganti lagi dengan pasta baru

#Mengatasi dengan Buah Pisang
Luka bakar yang terjadi secara mendadak biasanya membuat kita panik dan tidak tahu harus berbuat apa untuk menanganinya. Buah pisang adalah alternatif terbaik saat Anda digunakan. Buah yang digunakan adalah jenis buah pisang kecil yang sudah masak. Caranya, dengan menghancurkan pisang kemudian oleskan pada daerah yang sakit.

Cara diatas merupakan cara yang sudah sering dilakukan dan sudah terbukti khasiatnya. Silahkan dicoba di rumah, Jika ada tambahan atau masukan silahkan isi dikolom komentar. Terima kasih telah membaca artikel dari kumpulan tips terkini tentang cara alami mengatasi luka bakar

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Alami Mengatasi Luka Bakar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel