-->

29 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang sudah sering sekali didengar di telinga kita karena dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemukannya pada sayuran kita saat makan. Jika anda sering mengkonsumsi sayuran wortel maka berbahagialah karena ternyata ada banyak kahasiat ataupun manfaat positif pada wortel tersebut.

Pada masyarakat kita memang sudah meyakini akan manfaat wortel untuk kesehatan dan kecantikan, hal ini juga didukung dengan berbagai penelitian yang mengungkapkan bahwa kandungan gizi yang terdapat dalam wortel memiliki banyak  manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan.

manfaat wortel yutips.com

Wortel adalah tumbuhan biennial yang dapa menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunganya bisa tumbuh sampai setinggi sekitar 1 meter, dengan warna bunganya putih, dan rasa yang manis langu. Rasa manis inilah yang membuatnya juga dapat dikonsumsi secara mentah.


Sebelum menyimak berbagai manfaat wortel, ada baiknya mengenal berbagai kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Kandungan Gizi Wortel

Menurut dpertemen pertanian Amerika, satu wortel berukuran sedang atau ½ cangkir wortel cincang dapat dianggap sebagai satu porsi. Satu porsi wortel memiliki kandungan 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram gula dan 1 gram protein.

Wortel kaya akan vitamin A

Wortel adalah makanan yang sangat kaya dengan vitamin A, tersedia sekitar 210% dari kebutuhan orang dewasa per harinya. Wortel juga banyak mengandung 6% dari kebutuhan vitamin C, 2% dari kebutuhan zat besi dan 2% dari kebutuhan kaslsium per porsinya.

Antioksidan

Sayuran ini memiliki kandungan antioksidan beta-karoten yang menjadikan wortel memiliki warna oranye yang cukup terang. Beta-karoten diserap dalam usus dan diubah menjadi vitamin A selama proses pencernaan.

Kandungan Vitamin dan Mineral

Wortel merupapakan sayuran yang sangat super, ia juga mengandung serat, vitamin K, kalium, folat, mangan, fosfor, magnesium, vitamin E dan seng yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Selain tingginya nutrisi, tentu wortel juga merupakan sumber kesehatan terpercaya, apa saja manfaatnya ?



Manfaat Wortel Untuk Kesahatan & Kecantikan


Wortel dan manfaatnya selalu menarik untuk dibicarakan. Berikut ini adalah manfaat wortel untuk kesehatan dan kecantikan :

Manfaat Wortel Untuk Kecantikan

1. Mencerahkan Kulit Wajah
Manfaat wortel yang pertama ini buat wajah anda. Setelah sebelumnya kita membahas cara memutihkan wajah secara alami , Wortel adalah salah satu dari banyak cara merawat kulit agar tidak kusam, selain dari pemakaian pelembab untuk kulit kering dan kusam. Buatlah masker pencerah wajah dari 3 sendok makan wortel yang sudah dihaluskan, 2 sendok makan susu bubuk, dan air secukupnya. Ketika sudah menjadi pasta kental, aplikasikan masker ini di wajah dan leher dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas air.

2. Menghilangkan jerawat
Siapapun Anda, pasti sangat tidak ingin jika terdapat jerawat pada wajah ataupun pada punggung dan dada serta pada bagian tubuh yang lain. Keberadaan jerawat sangatlah mengganggu. Tapi Anda tidak usah khawatir, karena ternyata wortel sngat manjur untuk mengatasi jerawat yang membandel.
Perhatikan caranya untuk mengatasi Acne :
  • Siapkan 2 atau 3 batang wortel segar dan madu murni
  • Cuci bersih wortel terlebih dahulu
  • Setelah itu, haluskan wortel dengan menggunakan blender dan campurkan juga 1 sendok makan madu
  • Tunggu beberapa saat hingga adonan berubah menjadi cream atau pasta
  • Jika sudah, oleskan adonan tersebut pada wajah secara merata, jangan lupa untuk membersihkan wajah sebelumnya
  • Tunggu dan diamkan hingga kering kurang lebih selama 35 menit
  • Jika telah kering, bilas dengan air hangat hingga bersih

3. Menghilangkan Noda di Kulit
Anda memiliki permasalahan bekas jerawat atau noda flek hitam pada wajah? wortel solusinya. Wortel juga efektif untuk menghilangkan noda pada kulit wajah. Noda bekas jerawat di kulit atau flek hitam terkadang sulit dihilangkan dan sukar ditutupi dengan make up tipis. Anda dapat membuat masker wortel untuk mengatasinya. Untuk selengkapnya, silakan baca pada artikel sebelumnya tentang cara menghilangkan jerawat tanpa bekas

4. Mengatasi Wajah Berminyak
Minyak yang berlebihan bisa membuat wajah jadi mengkilap dan sulit mempertahankan make up untuk waktu lama, karena minyak sangat mudah melunturkan rias wajah. Kandungan minyak berlebih di wajah dapat diatasi dengan masker wortel yang dicampur dengan madu dan minyak zaitun.

5. Mencegah penuaan dini
Wortel merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik, antioksidan akan menangkal radikal bebas yang terkena pada kulit. Manfaat antioksidan itu sendiri pun juga dipercaya untuk memperlambat efek penuaan dini.

6. Mengencangkan Kulit
Vitamin C yang terkandung dalam manfaat wortel untuk kulit membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh sehingga memelihara kekencangan dan kekenyalan kulit. Caranya yaitu dengan meminum jus wortel dan memaknfaatkan wortel sebagai masker alami untuk wajah .

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

7. Menyehatkan janin dalam kandungan
Wortel juga bermanfaat untuk janin dalam kandungan, sebab kandungan vitamin A yang dimiliki sayuran ini sangat tinggi, selain itu terdapat pula kandungan antioksidan tinggi dan sangat baik untuk menjaga janin agar tetap tumbuh sehat.

8. Menekan risiko penyakit jantung
Mengkonsumsi 6 biji wortel dalam seminggu, menurut penilitian uneversitas Harvard baru-baru ini, dapat mengurangi resiko kolesterol jahat dalam tubuh, yang dapat menekan resiko penyakit jantung. Zat antioksidan dalam wortel juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang dapat memicu penyakit jantung.

9. Mengurangi risiko kanker
Wortel memiliki kandungan hidrat arang, fosfor, beta karoten didalamnya sehingga menjadikannya istimewa untuk kesehatan tubuh. Kandungan beta karoten, dipercaya ampuh untuk mencegah tubuh dari serangan  kanker.  Penelitian menunjukkan, orang yang mengkonsumsi wortel 2 kali sehari, dapat menurunkan 17 % resiko penyakit kanker payudara.
Penelitian lain juga menunjukkan bahwa wortel dapat mengurangi risiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Peneliti menemukan zat falcarinol dan falcarindiol yang merupakan zat antikanker.
Falcarinol adalah pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar dari penyakit jamur. Wortel adalah salah satu-satunya sumber sayuran yang memiliki zat ini. Sebuah penelitian menunjukkan risiko kanker 1/3 lebih rendah dari tikus yang mengkonsumsi wortel.

10. Menjaga kesehatan mata
Tidak salah jika manfaat wortel selalu dikaitkan dengan kesehatan mata. Wortel kaya akan kandungan beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam hati. Vitamin A ditransformasikan dalam retina, untuk rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan untuk mempertajam pengelihatan di malam hari. Wortel kaya akan kandungan beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam hati. Vitamin A ditransformasikan dalam retina, untuk rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan untuk mempertajam pengelihatan di malam hari.
Beta-karoten juga telah dapat melindungi dari degenerasi makula dan katarak yang merupakan salah satu masalah kesehatan mata yang sering terjadi pada orang tua. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi beta-karoten memiliki risiko 40% lebih rendah dari degenerasi makula dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

11. Mencegah stroke
Studi yang dilakukan di Harvard menunjukkan bahwa konsumsi 6 wortel satu minggu dapat menekan resiko penyakit stroke di bandingkan dengan orang yang hanya mengkonsumsi 1 buah per bulan.

12. Menurunkan kolesterol
Manfaat wortel juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Mereka yang makan 200 g wortel mentah setiap hari selama 3 minggu, kolesterolnya turun sebanyak 11%.

13. Menjaga kesehatan ginjal
Sifat penyembuhan dalam jus wortel sangat membantu untuk membersihkan dan menyaring ginjal.

14. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sistem imun tubuh dapat diperkuat juga dengan konsumsi wortel secara rutin. Penelitian menunjukkan memakan wortel yang dicampur dengan ketumbar, dapat mencegah virus-virus berbahaya menyerang tubuh. Campurlah ketumbar dalam sup wortel untuk mengkonsumsinya dengan bersamaan. Selain itu wortel juga mengandung antioksidan, manfaat antioksidan dikenal sangat penting untuk menjaga dan membuang radikal bebas.

15. Kesehatan Ginjal
Sifat penyembuhan dalam jus wortel sangat membantu untuk membersihkan dan menyaring ginjal. Meskipun ahli mengatakan bahwa orang-orang dengan penyakit gagal ginjal tidak boleh minum jus, ternyata lain halnya dengan wortel, sayuran ini sangat ampuh untuk menjaga kesehatan ginjal.

Manfaat Wortel Untuk Ibu Hamil

Terlepas dari manfaat wortel di atas, ternyata efeknya juga sangat baik untuk ibu hamil.

16. Baik Untuk Kualitas Asi 
Wortel dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas ibu yang sedang menyusui

17. Menjaga Kesuburan
Kesuburan merupakan salah satu idaman semua pasangat, konsumsi lah jus apel karena dapat meningkatkan kesuburan kandungan.

18. Janin dalam kandungan
Wortel juga bermanfaat untuk janin dalam kandungan karena memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, selain itu kandungan antioksidan baik untuk menjaganya agar tetap tumbuh sehat.


Selain 18 khasiat utama di atas, wortel juga dapat memberikan efek sangat baik bagi kesehatan dan kebutuhan lainnya yang sangat penting dalam menunjang kinerja tubuh manusia. Berikut beberapa di antaranya.

Manfaat Vitamin A dari Wortel
  • Merawat mata.
  • Mencegah kanker.
  • Antioksidan.
  • Baik untuk kulit manusia
  • Baik untuk mencegah penuaan dini

Manfaat Vitamin K Wortel
  • Membekukan darah.
  • Mencegah diabetes.
  • Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.


Manfaat Vitamin B Wortel
  • Memelihara sistem pencernaan.
  • Meningkatkan memori.
  • Memecah homosistein.

Tips Memilih Wortel Yang Sehat
Jika anda sedang memilih wortel, tanyakan pada abang sayur langganan anda apakah wortel tersebut import atau tidak ? pilihlah wortel lokal. Wortel import tidak menjamin bebas dari bahan kimia/lilin yang membuatnya awet dalam perjalanan selama berminggu minggu. Kandungan zat kimia ini tentu akan merusak sistem yang ada di tubuh kita.

Penyajian Wortel Yang Enak

Jus Wortel
Jus beberapa wortel, masukkan susu dan gula serta air sesuai selera, rasanya cukup enak.

Dimasak sebagai sayuran
banyak masakan yang menggunakan wortel seperti cap cai dan sop.
Masker

Haluskan wortel
lalu oleskan pada wajah atau kulit yang ingin di rawat.
Manfaat wortel begitu banyak, tidak ada salahnya menggunakannya sebagai sayuran sehat yang harus ada di kulkas anda.

Demikian Artikel kali ini dari yutips.com tentang 29 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel