-->

11 Manfaat Luar Biasa Dari Kulit Pisang

Manfaat kulit pisang”. Mungkin terdengar aneh, tapi ternyata memang betul. Tidak hanya buahnya saja, kulit buah pisang ternyata juga memiliki banyak khasiat. Negara Indonesia merupakani surga bagi tanaman ini. Jenis tanaman ini tumbuh subur di sebagian besar wilayah Indonesia.

Saat memakan pisang, kulitnya akan kita buang begitu saja karena kita tidak tahu tentang manfaatnya. namun jika saja Anda mengenal khasiat kulit buah ini, maka Anda akan berfikir seribu kali untuk membuangnya. lantas, apa sajakah kegunaannya. Sabar, tetaplah membaca artikel ini sampai habis, karena akan Anda temukan jawaban yang akan membuat Anda kagum tentang manfaat kulit pisang.

kulit pisang sangat banyak manfaatnya


Daging pisang kaya akan banyak nutrisi dan karbohidrat, tinggi vitamin B6, B12, magnesium dan kalium. Kandungan gula pada pisang akan semakin tinggi jika warna kulitnya semakin hitam.

Umumnya, bahan ini biasanya difungsikan sebagai pupuk kompos, pengganti semir sepatu(untuk mengkilapkan sepatu), di buat jus (jus kulit buah pisang), mengkilapkan peralatan perak. beberapa kegunaan diatas hanya sebagian kecil saja.


Manfaat Kulit Pisang


1. Memutihkan gigi

Ini mungkin diluar dari pemikiran Anda. "Kok bisa sih kulit pisang ini jadi pemutih gigi?". Tahukah Anda kalau ternyata penemuan ini sudah ada sejak jaman dahulu, hanya saja pengetahuan mungkin belum pernah sampai ketelinga Anda. Kalau nenek moyang kita menjaga kesehatan giginya dengan daun sirih dan untuk memutihkannya menggunakannya. Ini karena jaman dahulu belum ditemukannya pasta gigi yang berbahan dasar deterjen.
"Lantas, bagaimana cara memutihkan gigi dengan kulit pisang?". caranya sangat mudah dipraktekan. Hanya menggosokkan ke gigi Anda setiap hari (pagi/malam) selama 1 - 2 menit selama seminggu. Anda akan tercengang melihat hasil menakjubkan dari pemutih gigi alami yang satu ini.

2. Menghilangkan Kutil

"Anda punya masalah kutil?, Bingung mencari obat yang tepat, atau berpikir untuk membeli obat kimia karena harga yang mahal". Anda tidak perlu khawatir, karena obat murah dan mujarab untuk mengatasi kutil Anda bisa ditemukan dengan mudah. Tahukah Anda kalau jangat buah dapat membantu dalam menghilangkan kutil dan mengatasinya muncul kembali.
Untuk cara penggunaannya, Anda hanya perlu menggosok kulit pisang pada daerah yang terkena kutil. Atau bisa juga dengan menempelkannya selama semalam pada kulit Anda yang terena kutil. Kandungan yang terdapat pada kulitnya dapat membunuh bakteri penyebab kutil dan mencegahnya tumbuh lagi. Lakukan cara ini sampai kutil benar-benar telah lenyap. Hal ini merupakan manfaat kulit buah pisang sangat efektif.

3. Melancarkan BAB

faedah berikutnya adalah untuk malancarkan BAB. bahan alami ini ternyata juga dapat melancarkan BAB yang sulit. kandungan seratnya yang tinggi pada sangat berguna melancarkan pencernaan. Pada awalnya, buah pisang saja yang dijadikan sebagai pelancar BAB, namun ternyata, memakannya juga bisa melancarkan BAB. Kandungan serat yang dimiliki oleh kulit pisang hampir sama dengan kandungan buahnya. Jika saja Anda pernah mengalami susah BAB dan Anda hanya menemukan bahan ini, maka coba makan saja dan rasakan khasiatnya untuk melancarkan BAB Anda.

4. Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling fenomenal. Hampir setiap orang dewasa pernah mengalami hal ini. Apakah itu jerawat di wajah, jerawat punggung atau didada, jerawat teraplah masalah pada kulit yang harus diatasi. Lantas, apa hubungannya dengan artikel kita kali ini tentang “kulit pisang”. Ada kok, sebuah penelitian menemukan bahwa bahan alami yang satu ini mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Cara penggunaannya pun sangat mudah, yaitu :
  • Ambil kulit yang masih segar
  • Gosokkan atau pijat merata pada wajah, punggung atau daerah lain pada tubuh yang berjerawat.
  • Lakukan selama 5-10 menit untuk hasil yang menakjubkan pada masalah jerawat Anda.
Jika Anda rutin melakukan cara ini maka hasilnya pun akan terlihat dalam waktu seminggu. Terus aplikasikan tips ini sampai jerawat benar-benar lenyap.

5. Mengurangi Keriput

Kulit pisang dipercaya sebagai pengurang keriput pada wajah agar wajah tetap awet muda. Semua orang dewasa yang sudah berumur mungkin sudah memiliki masalah wajah yang mulai keriput. Namun bagi Anda yang mengalami masalah tersebut dan ingin mengatasinya dengan mudah dan murah, maka kulit buah adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah, cukup dengan menambahkan kuning telur pada kulit buah pisang lalu ditumbuk halus, kemudian Oleskan campuran ini pada wajah Anda dan biarkan selama 5 menit. Cuci bersih dengan air hangat. Lalukan pengobatan ini setiap hari untuk menjadikan ajah jadi mulus dan mengurangi keriput diwajah. Kulit pisang juga membantu menjaga kulit Anda dari bahaya dehidrasi.

6. Sebagai obat pereda nyeri

manfaat kulit pisang berikut ini mungkin jarang Anda dengar. Ternyata kulitnya juga memiliki khasiat yang sangat baik sebagai pereda nyeri. Cara penerapannya adalah dengan meletakkannya langsung pada daerah yang nyeri. Diamkan selama 30 menit atau sampai rasa sakit itu hilang. Untuk cara lain, bisa juga dengan mencampurkan minyak sayur dan bagian buah ini dengan cara penerapan yang sama.

7. Menyembuhkan Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit kronis atau penyakit jangka panjang yang menyerang kulit. Penyakit jenis ini memang sangat menjengkelkan namun ternyata dapat diatasi dengan kulit buah ini.
Oleskan kulit pada daerah yang terkena psoriasis. Kulit buah ini memiliki sifat pelembab dan juga mengurangi rasa gatal. Ini akan cepat menyembuhkan psoriasis dan Anda dapat melihat hasil yang nyata dalam waktu singkat.


8. Menyembuhkan gigitan serangga

Gigitan serangga seperti semut, nyamuk, atau sengatan lebah akan meninggalkan bekas, gatal dan rasa nyeri. Tak perlu khawatir jika Anda mengalami masalah ini, cukup Memijatnya pada gigitan nyamuk atau serangga lainya dan dapatkan hasil yang cepat dan efektif untuk menghilangkan rasa nyeri dan gatal.

9. Menghilangkan Serpihan

Serpihan duri atau kayu yang biasa masuk kekulit mungkin tidak sepenuhnya terangkat saat Anda mencoba menariknya keluar dari kulit. Sisa serpihan tersebut teradang menimbulkan peradangan parah jika tidak diatasi secepatnya.
Tahukan Anda kalau bahan natural yang satu ini dapat membantu untuk mengangkat sisa potongan serpihan tersebut. Letakkan saja tepat diatas sisa serpihan. Biarkan selama beberapa jam atau semalam.

10. Perlindungan UV

Faedah selanjutnya adalah membantu dalam melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya. Pastikan Anda meninggalkan kulit di bawah matahari sebelum menggosoknya pada mata Anda. Selain berfungsi untu melindungi dari sinar UV, menggosoknya pada daerah mata ternyata juga terbukti mengurangi risiko katarak.

11.Mengempukkan Daging

Manfaat kulit pisang yang terakhir adalah untuk mengempukkan danging. Tambahkan kulit pisang segar dan matang pada bagian bawah panci pemanggangan untuk menjaga daging tetap lembab dan lembut saat dimasak

Tips Tambahan

1. Gunakan bahan segar untuk hasil terbaik.
2. Jangan menyimpan pisang seteleh dikupas. Mengkonsumsi segera setelah mengupas. Kulitnya pun harus segera di gunakan jika sudah terlepas dari buahnya.
3. Simpan pisang di tempat yang sejuk dan kering dan selalu menjauhkan mereka dari panas atau sinar matahari.
4. Jangan pernah menyimpannya dalam lemari es.
5. Hindari membuang kulit buah ini di jalan atau tempat umum.

Demikianlah 11 manfaat kulit pisang yang sangat luar biasa yang sudah yutips.com berikan untuk Anda. Semoga dapat menjadi bacaan yang menarik dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel